Olahraga Tradisional Asal India Yang Unik

Kabaddi adalah salah satu jenis Olahraga Tradisional Asal India Yang Unik. Memiliki prinsip yang hampir sama dengan gobak sodor di Indonesia, Kabaddi adalah salah satu olahraga unik yang wajib Anda coba. Terlebih lagi, olahraga ini belum terlalu populer di Indonesia sendiri. Kabaddi baru dikenal luas di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Walaupun memiliki prinsip yang cukup mirip dengan gobak sodor khas Indonesia, tentu saja Kabaddi memiliki beberapa perbedaan mencolok. Misalnya soal gaya bermain, jumlah pemain, durasi, dan beberapa hal lain. Berikut ini kami Bahas Dulu beberapa fakta unik olahraga Kabaddi yang wajib Anda coba. Bisa jadi, olahraga ini ternyata merupakan passion Anda.

Riwayat panjang olahraga Kabaddi

Seperti yang kami sebutkan di atas, olahraga tradisional Kabaddi merupakan produk olahraga asli dari India, tepatnya di Tamil Nadu, India Selatan. Pada awalnya, olahraga ini merupakan salah satu tahapan dalam pelatihan tentara kerajaan di periode India kuno, yah walaupun belum bisa diverifikasi kebenarannya. Kabaddi dalam bahasa Tamil berarti “berpegangan tangan”.

Bahkan, olahraga Kabaddi diakui sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Nasional India tahun 1938. Setelah mendapatkan apresiasi dari beberapa pihak, seperti atlet, pendukung, dan staf olahraga India, pada akhirnya federasi olahraga Kabaddi resmi didirikan pada tahun 1950.

Bahkan pada tahun 1951, olahraga Kabaddi menjalani debut internasionalnya di upacara penutupan Olimpiade New Delhi, walaupun hanya berupa “demonstrational sport”. Olahraga Kabaddi secara resmi dipertandingkan dalam kompetisi olahraga internasional pada Asian Games Beijing 1990 dengan India sebagai pemenangnya.

Aturan dalam bermain Kabaddi

Olahraga tradisional Kabaddi memiliki aturan yang cukup sederhana. Dalam sebuah pertandingan Kabaddi, Anda diwajibkan untuk pemain lawan dan harus segera berlari ke garis tengah sebelum tim lawan menyergap Anda. Menyentuh ini bukan hanya dilakukan oleh tangan. Anda juga boleh menyentuh tim lawan dengan kaki.

Olahraga Kabaddi secara profesional wajib dipertandingkan dengan aturan tertentu. Misalnya, lapangan yang digunakan wajib berukuran 13 meter x 10 meter, masing-masing tim terdiri dari 7 pemain inti dan 5 pemain cadangan, serta beberapa aturan pelanggaran yang cukup ketat. Tim yang berhasil mengumpulkan skor tertinggi adalah pemenangnya.

Oh iya, keunikan dalam olahraga Kabaddi lainnya adalah Anda, sebagai seorang penyerang, wajib meneriakkan kata “Kabaddi” dalam satu tarikan napas. Apabila Anda belum berhasil menyentuh pemain lawan, maka Anda tidak mendapatkan poin. Aturan poin dalam olahraga Kabaddi juga cukup rumit. Misalnya, Anda akan mendapat 5 poin apabila menyentuh lawan.

Kiprah olahraga Kabaddi di kancah internasional

Seperti yang kami jelaskan di atas, olahraga tradisional Kabaddi mulai diakui sebagai salah satu cabang olahraga internasional di Asian Games Beijing 1990. Sejak tahun 1990 hingga 2014, India selalu mendapatkan medali emas di cabor ini. Tapi di Asian Games Jakarta-Palembang 2018, Iran di luar dugaan menjadi pemenang pertama selain India di cabor Kabaddi.

Sejauh ini, pihak federasi olahraga Kabaddi India masih berusaha keras memasukkan olahraga Kabaddi sebagai cabor yang dipertandingkan pada Olimpiade Musim Panas. Sayangnya, Olimpiade Tokyo 2020 tidak memasukkan cabor ini. Tapi, bukan berarti di olimpiade ke depan, kita akan melihat uniknya olahraga Kabaddi dipertandingkan di kompetisi terbesar di dunia itu.

Demikian beberapa fakta menarik yang harus Anda ketahui mengenai olahraga tradisional Kabaddi yang berasal dari India ini. Dengan prinsip yang cukup mirip dengan gobak sodor, maka bukan kesulitan bagi Anda untuk mendalami olahraga ini. Terlebih lagi, Kabaddi belum memiliki peminat cukup banyak di Indonesia sendiri.

About the author: admin