Yuk Bermain Olahraga Handball, Dua Olahraga Menjadi Satu

Futsal dan Basket adalah beberapa dari jenis olahraga yang dikenal memiliki permainan keras sehingga pemainnya dituntut untuk memiliki fisik prima sekaligus memahami strategi dengan baik. Tapi, pernahkah Anda membayangkan bahwa kedua jenis olahraga tersebut disatukan menjadi satu? Yuk Bermain Olahraga Handball.

Bisa dikatakan, olahraga Handball adalah salah satu olahraga primitif yang sudah dimainkan oleh manusia-manusia zaman Yunani Kuno. Walaupun belum ada bukti konkret mengenai klaim ini, tapi beberapa arkeolog dan sejarawan menemukan bukti bahwa orang-orang Yunani Kuno telah memainkan permainan yang cukup mirip dengan yang kita kenal sebagai Handball.

Bahkan, di zaman Romawi sendiri, permainan dengan peraturan yang mirip dengan Handball dikenal sebagai Expulsim Ludere. Pada akhirnya, permainan semacam ini menyebar ke beberapa daerah Eropa seluas kekuasaan Empirium Romawi (Romawi menguasai hampir seluruh Eropa). Pada akhirnya, olahraga Handball dikenalkan secara resmi pada tahun 1906 di Denmark.

Holger Nielsen, seorang medali olimpiade asal Denmark mempopulerkan Handball dengan aturan yang cukup awam pada saat itu. Sehingga, aturan yang lebih modern pada Handball akhirnya dipatenkan oleh Max Heiser, dkk asal Jerman pada tahun 1917, tepatnya pada tanggal 29 Oktober. Hari ini ditetapkan sebagai hari lahir olahraga Handball sendiri. Bahas Dulu Yuk Bermain Olahraga Handball :

Macam-macam Aturan dalam Olahraga Handball

Seperti yang telah kami jabarkan di atas, secara sederhana, olahraga Handball merupakan perpaduan dari dua olahraga keras dunia, yaitu futsal dan basket. Oleh sebab itu, peraturan dalam olahraga asli Denmark ini mengadopsi dari tiga olahraga tersebut. Mulai dari peraturan umum, hingga bahkan menyentuh urusan lebih teknis sekalipun.

Setiap pertandingan dalam Handball menandingkan dua tim. Masing-masing tim wajib memiliki 7 pemain di dalamnya. Berbeda dengan basket, olahraga ini memiliki kiper di dalamnya. Ya! Pada intinya, tim yang berhasil memasukkan gol paling banyak, maka tim tersebut bisa menjadi pemenang.

Namanya juga Handball, maka Anda wajib melakukan berbagai macam bentuk kontrol bola dengan tangan. Anda bebas melakukan dribbling, passing, dan shooting dengan cara apa pun. Namun, peraturan paling mendasar dalam Handball adalah Anda tidak boleh menyentuh bola lebih dari tiga detik. Apabila lebih, Anda harus melakukan umpan atau memantulkan bola.

Secara umum, durasi pertandingan Handball profesional adalah 30 menit dengan terbagi menjadi dua (15 menit tiap babak). Setiap tim berhak untuk menerapkan strategi atau formasi terbaik untuk dapat memasukkan bola ke gawang sebanyak-banyaknya.

Perbedaan dalam Handball adalah Anda tidak boleh masuk ke D-Zone lawan. Apa itu? D-Zone adalah garis paling belakang setiap tim. Anda yang melakukan serangan dilarang keras untuk menyentuh garis D-Zone. Oleh sebab itu, rata-rata shooting pemain Handball adalah dengan melompat terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk menambah tenaga aliran bola.

Alasan untuk memilih Handball bagi Anda

Olahraga Handball adalah salah satu olahraga yang paling unik . Dengan menggabungkan dua domain olahraga lain yang cukup populer, maka Anda tidak terlalu membutuhkan waktu adaptasi yang cukup lama untuk memainkan olahraga ini.

Namun tentu saja, Anda perlu menajaga kondisi tubuh secara prima dan harus memahami benar-benar taktik yang dibawakan oleh pelatih. Olahraga ini secara otomatis membutuhkan konsentrasi dua kali lipat dari tiap pemain.

Demikian beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang olahraga Handball, salah satu jenis olahraga yang cukup menarik untuk dicoba oleh Anda. Selain memiliki aturan sederhana, sudah cukup banyak tim-tim Handball yang tersebar di Indonesia. Apabila Anda berminat, Yuk Bermain Olahraga Handball dan mencoba olahraga unik yang satu ini.

About the author: admin